Rabu, 23 November 2016

Komparasi Nissan Teana dan Honda Accord

Komparasi Nissan Teana dan Honda Accord, kali ini mobilnissanpromo.com akan membahas komparasi antar Nissan Teana dengan Honda Accord mulai dari sudut padang, kenyamanan, teknologi, fitur, harga dan dll. disini kami tidak bermaksud merendahkan atau menjelek-jelekan produk lain tapi melainkan hanya memberikan informasi tentang perbedaan secara keseluruhan, karena kedua nya sangat baik sehingga Anda perlu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan diantara keduanya.

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa hanya Honda Accord dan Nissan Teana yang tampil pada pengujian kali ini. Memang di segmen ini, Toyota Camry selalu menjadi yang terlaris, atau Mazda 6 yang cukup menyenangkan untuk dikemudikan. Tetapi jangan lupa, di segmen ini juga ada Nissan Teana dan Honda Accord. Keduanya tentu tidak bisa dipandang sebelah mata. Jadi tidak ada salahnya kalau kami mengupas lebih dalam kedua mobil ini sebelum menandingkan keempatnya nanti.

Honda Accord di Indonesia punya portofolio yang panjang dan memiliki basis penggemarnya sendiri. Honda Accord sebagai salah satu flagship sedan Honda telah menjadi “jiwa” dari brand Honda itu sendiri. Terlebih lagi, generasi ke-9 Honda Accord ini disebut-sebut sebagai Accord terbaik yang pernah dibuat.

Begitu pun dengan Nissan Teana. Mobil ini berbeda dengan generasi terdahulunya. Teana generasi ke-3 ini sebetulnya adalah Nissan Altima, mid-size sedan berbasis Infiniti M37 yang cukup sukses di pasar Eropa dan Amerika Serikat (AS). Formula global dan darah Eropa yang diturunkan oleh Infiniti M37 pada Teana sukses membuatnya berkualitas tinggi.

Di Indonesia, kecuali Mazda 6 yang berkarakter lebih sportif, mobil-mobil yang ada di segmen ini dikenal sebagai mobil-mobil yang “membosankan”. Pemiliknya lebih suka duduk rileks di kursi belakang dan membiarkan pengemudi mengantarkan mereka sampai ke tujuan. Tetapi jangan salah, di antara Teana dan Accord, ada satu yang sukses menggabungkan kesenangan berkendara dengan kenyamanan.
 
PERFORMA

Akselerasi 0-100 kpj Honda Accord adalah 11,4 detik atau 2 detik lebih lambat dibanding Nissan Teana. Agaknya ini karena Accord memakai mesin berkapasitas 2,4 liter atau lebih kecil ketimbang mesin Teana yang 2,5 liter. Tetapi tunggu sebentar, meskipun kapasitas mesinnya lebih kecil, namun output yang dihasilkannya 176 hp atau lebih besar dari tenaga maksimum mesin Teana yang 172 hp.

Padahal, saat mengujinya, transmisi Accord sudah kami posisikan dalam mode Sport. Usut punya usut, ternyata Accord yang dipasarkan di Indonesia memakai tipe mesin 2,4 liter yang berbeda dengan yang dipasarkan di Eropa dan Amerika Serikat. Mesin berkode K24W4 dengan teknologi Earth Dreams PGM-FI (programmed fuel injection) ini tak sekencang milik saudaranya yang dilahirkan di AS yang memakai mesin K24W1 bertenaga 185 hp. Asumsinya, untuk pasar Asia Tenggara, mesin tipe ini lebih mengedepankan efisiensi bahan bakar.

Sebagai catatan, Accord juga lebih berat sekitar 50 kg dibanding Teana. Selain itu, Teana menggunakan transmisi CVT yang akan mempertahankan putaran mesin selalu pada range tenaga maksimumnya di 6.000 rpm. Sementara itu, Accord memakai transmisi otomatis 5-speed yang membuatnya akan kehilangan sedikit momentum saat melakukan pergantian gigi.
 
Tetapi justru transmisi otomatis 5-speed Accord itulah yang membuatnya dapat melaju lebih kencang. Terbukti dari 70 kpj sampai 100 kpj, Accord lebih cepat dari Teana 0,6 detik.

Tipikal transmisi Teana itu adalah ciri khas mobil-mobil perkotaan pada umumnya karena memiliki tarikan awal yang cepat. Apalagi torsi puncak Teana yang 236 Nm jauh lebih baik dari torsi puncak Accord yang 225 Nm. Dengan kata lain, Accord sepertinya lebih cocok digunakan untuk melakukan perjalanan panjang seperti melintasi jalan tol Cipularang misalnya. 
 
PENGENDALIAN & PENGENDARAAN

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, Teana ini sebetulnya adalah Nissan Altima yang dirancang sesuai dengan standar global. Karena itu, Nissan membekali Teana dengan suspensi baru hasil racikan ZF yang biasa membuat komponen kendaraan untuk mobil-mobil Eropa. Hasilnya, racikan suspensinya ini mungkin adalah yang terbaik di kelasnya.

Menariknya, suspensi ini cukup kokoh untuk diajak bermanuver di kecepatan tinggi sehingga tetap memberi grip yang berlimpah, serta stabilitas berkendara yang baik. Nissan Teana kini juga telah dilengkapi dengan fitur active understeer control. Fitur ini bekerja dengan cara mengaktifkan masing-masing rem pada setiap roda depan secara independen saat menikung, guna mengurangi gejala understeer yang kerap muncul pada mobil-mobil berpenggerak roda depan.

Harus diakui, racikan suspensi Teana memang lebih baik ketimbang Accord. Namun bukan berarti bantingan suspensi Accord terasa keras. Kualitas peredaman suspensi Accord terbilang baik dan jauh dari kesan sportif seperti yang dirasakan di dalam Mazda 6. Hanya saja, mobil ini memiliki kemudi yang sangat ringan. Gara-gara itu, kemudi Teana jadi terasa agak berat. Padahal kemudi Teana saja sudah cukup ringan. Biasanya kemudi yang ringan membuat rasa berkendara kurang menyenangkan. Namun tidak untuk Accord. Karakter kemudinya yang ringan ini diwariskan secara turun-menurun dari generasi-generasi Accord sebelumnya. Tak cuma bobotnya, struktur rangkanya yang rigid, dan grip roda yang berlimpah, membuat kemudinya yang ringan itu akan memotivasi Accord untuk “menari” di rute yang menantang. Ini karena respons kemudinya yang sangat cepat dan pergerakannya yang akurat terlihat dari lock to lock kemudinya yang hanya 2,5 putaran, tipikal kemudi sebuah sedan sport Kualitas pengemudiannya yang fenomenal ini membuat sedan bongsor berdimensi panjang 4.870 mm ini terasa begitu lincah. Padahal, radius putarnya (6,2 meter) jauh lebih lebar dari Nissan Teana (5,7 meter). Singkatnya, Honda Accord menawarkan kesenangan berkendara ala Mazda 6 dengan cara yang lebih rileks. Meski demikian, Teana unggul dalam racikan suspensi yang lebih nyaman namun memberi grip memadai, serta tidak terasa terlalu sportif seperti Mazda 6.

FITUR & KELENGKAPAN

Sebagai sedan termahal yang diniagakan oleh Honda dan Nissan di Indonesia, Accord dan Teana dibekali fitur dan kelengkapan yang memadai. Keduanya sudah dilengkapi tombol pengaturan kursi elektrik. Namun Nissan menyempurnakannya dengan mode memori, sehingga pengemudinya dapat menyimpan posisi berkendara yang ideal.

Teana menawarkan sistem multimedia 5 inci dengan Bose premium audio system. Didukung kekedapan kabin yang baik dan sound system yang mewah, kabin Teana adalah tempat yang menyenangkan bagi mereka yang suka berkendara sambil mendengarkan musik. Sayang, sistem multimediannya ini belum sanggup menampilkan navigasi seperti yang bisa dilakukan oleh Accord. Bahkan sistem multimedia Accord sudah memiliki fitur screen mirroring yang dapat menampilkan apa yang ditampilkan oleh layar smartphone Anda. Sistem multimedia Accord juga sudah dapat memutar DVD.

Accord juga menyediakan tirai pada setiap sisi jendela kursi belakang dan untuk kaca belakang. Nissan hanya memiliki tirai khusus pada kaca belakang saja. Tetapi Accord belum dilengkapi sunroof. Sementara itu Teana sudah memiliki sunroof. 

Baik Teana maupun Accord sudah dicekoki dengan sejumlah fitur bantuan berkendara seperti audio control di lingkar kemudi, dual zone automatic air conditioner, smart entry, start-stop button, cruise control, automatic headlights dengan auto leveling, serta automatic wiper dengan rain sensor.

KESELAMATAN

Sebagai flagship sedan terbaiknya, kedua pabrikan asal Jepang ini telah menyiapkan kendaraan mereka sebagai kendaraan yang aman dan selamat. Tak cuma itu, status Honda Accord dan Nissan Teana yang juga dijual di Eropa dan AS membuat keduanya telah memiliki standar keselamatan global.

Nissan Teana melindungi penghuni kabinnya dengan dual SRS airbag, side airbag, curtain airbag, traction control, vehicle dynamic control (sejenis ESC) dengan active understeer control, hill start assist, dan rem ABS, EBD+BA. Sedangkan penghuni kabin Honda Accord dilindungi oleh dual SRS airbag, side airbag, vehicle stability assist (sejenis ESC), traction control, hill start assist, dan rem ABS, EBD+BA. Keduanya juga sudah dilengkapi rear view camera, dan parking sensor.
 
Namun ada satu hal menarik yang kami temui di dalam Honda Accord. Sistem multimedianya dapat menampilkan citra keadaan di sebelah kiri mobil. Fitur lane watch ini dapat meminimalkan blind spot area saat hendak bermanuver. Sedangkan Teana, walaupun tanpa fitur lane watch itu, lampu depannya telah dilengkapi jet washer. Fitur ini berguna untuk menyapu kotoran yang menempel di kaca lampu
depannya. Jadi seusai berkendara di jalanan yang basah, Anda tidak perlu khawatir visibilitas di malam hari berkurang lantaran sorot lampu depannya tak seterang biasanya akibat ulah kotoran yang menutupi sorot lampu.

KENYAMANAN

Bicara soal kenyamanan, ya memang itulah yang ditawarkan Nissan dan Honda kepada calon konsumen Teana dan Accord. Selain kualitas superior peredaman suspensi Nissan Teana, kekedapan kabin dan lantunan merdu sistem multimedia dengan Bose audio system sukses menghipnotis penumpangnya hingga terlelap di kursi belakang. Jika mesinnya tidak dipaksa bekerja keras, kekedapan kabinnya ini bahkan sekelas dengan keheningan kabin sebuah Infiniti. Selain itu, transmisi CVT-nya begitu halus dan mulus. Nissan sangat memperhatikan kenyamanan ini, terlihat dari jok pengemudinya yang besar, empuk, dan dibentuk khusus untuk menopang tulang belakang pengemudinya selama berkendara (spinal support). Cara ini sukses membuat pengemudinya tidak merasa cepat lelah saat berkendara.

Satu hal yang unik adalah, ketika Anda masuk ke dalam kabin Teana, udara yang Anda hirup di dalamnya sangat harum. Lagi-lagi ini adalah ulah campur tangan sister company-nya, Infiniti. Filter udara kabin Teana yang menyaring udara yang masuk ke dalam kabinnya lewat air conditioner memiliki ‘odor’ tertentu yang semakin menciptakan suasanya rileks. Lebih dari itu, material kulit yang enak disentuh, dashboard yang lembut (padded), lingkar kemudi yang tebal dan enak digenggam, karpet yang lembut, dan ruang kaki yang luas, menegaskan bahwa Nissan Teana adalah sedan yang memiliki kualitas kenyamanan terbaik di kelasnya.

Menurut hasil pengujian kami menggunakan dB meter, tingkat keheningan kabin Honda Accord juga ternyata cukup baik. Ternyata Honda telah mengembangkan sebuah teknologi cerdas yang membantu mengurangi road noise. Melalui sistem multimediannya, seluruh speaker Accord akan mengirimkan gelombang suara artifisial pada frekuensi tertentu, sehingga suara mesin dan noise yang akan mengintrusi kabinnya menjadi tidak terlalu terdengar. Cara ini terbilang cukup cerdas sebetulnya, namun kalau Anda benar-benar konsentrasi, Anda akan dapat mendengarkan sayup-sayup suara ‘gumaman’ dari pengeras suara multimedianya saat mobil berada dalam keadaan idle yang mungkin membuat sebagian konsumennya merasa terganggu.
 
Intinya, kedua mobil ini berupaya menyampaikan esensi berkendara yang rileks secara multi-sensory lewat suara, sentuhan, wewangian, sampai pilihan warna interior yang memberi kesan tenang.

RUANG & KEPRAKTISAN

Duduk di depan kemudi Nissan Teana, seluruh tombol dan instrumen dapat dengan mudah digapai. Dan seluruh informasi yang ditampilkan pada instrument cluster dapat dibaca dengan jelas. Hal yang sama akan Anda rasakan ketika duduk di depan kemudi Honda Accord. Hanya saja, desain dan posisi berkendara Accord sepertinya sedikit lebih baik ketimbang Teana. Ini karena pilar A yang “langsing” dan diposisikan dengan tepat, plus ruang kaca yang besar, menunjang visibilitasnya. Dashboard Accord kini tampil dengan lebih sedikit tombol untuk pengoperasian yang lebih sederhana. Menariknya, kini di konsol tengahnya terdapat dua buah layar besar, satu layar multimedia dan satu lagi multi information display. Bukankah akan tidak membingungkan kalau hanya ada satu saja layar multimedia yang juga dapat menampilkan informasi berkendara? Toh di dalam cluster meter juga sudah ada layar MID. Itu pun, Honda mengemas pengoperasian sistem multimedia dengan hadirnya progressive commander. Uniknya, joystick yang berfungsi megoperasikan sistem multimedianya itu diposisikan cukup jauh dari pengemudinya (untuk alasan keselamatan). Cara pengoperasiannya pun kurang user-friendly bagi pemula.

Sementara dari sisi dimensi, Teana dan Accord tidak jauh berbeda. Saat berada di dalam keduanya, Anda tidak akan mengeluhkan ruang kabin yang lega, atap yang cukup tinggi, bukaan pintu yang besar, dan lantai yang rendah. Perbedaannya adalah, kabin Accord sedikit lebih luas dari Teana. Tetapi, bagasi Teana sedikit lebih besar dari bagasi Accord.

Hanya saja, sebagai sedan yang sering menggunakan jasa pengemudi, Teana belum melengkapi dirinya dengan rear audio switch control seperti yang dimiliki Accord. Untungnya sama seperti Accord, Teana menyediakan outlet AC untuk penumpang belakang.

BAHAN BAKAR, MEMBELI & MEMILIKI

Nissan Teana di Indonesia dibanderol Rp 570 juta atau lebih murah sekitar 20-30 juta ketimbang Honda Accord. Padahal, Nissan Teana menawarkan kualitas kenyamanan kabin yang lebih baik dibanding Accord, plus mesin yang lebih besar dan akselerasi yang lebih cepat.

Fitur keselamatan keduanya juga tidak jauh berbeda. Fitur bantuan berkendara, fitur kenyamanan dan kelengkapan keduanya pun hampir sama. Bedanya, Teana memiliki sunroof, headlight washer, dan interior yang lebih wangi, sementara itu Accord menawarkan navigasi dan fitur lane watch. Catatan konsumsi bahan bakar pun tak beda jauh. Accord mencatatkan konsumsi bahan bakar kombinasi 12,75 kpl dan Teana 12 kpl. Transmisi CVT Nissan Teana sukses membuatnya lebih irit di dalam kota. Sedangkan transmisi otomatis 5-speed Accord yang tidak menahan mesin berutar di rpm tinggi terus menerus, berhasil manjadikan Accord lebih hemat bahan bakar di jalan tol. Sebagai informasi, kedua mobil Jepang ini telah dibekali mode berkendara ‘Eco’.

KESIMPULAN

Nissan Teana 2.5L XV

Keunggulan Performa mesin, pengendaraan nyaman, kabin yang terbaik di kelasnya
Kekurangan Navigasi satelit, audio switch untuk kursi belakang
Pendapat kami Nissan Teana adalah sedan berkualitas Eropa yang menawarkan kenyamanan layaknya sedan premium Infiniti

Honda Accord 2.4L VTI-L

Keunggulan Fitur keselamatan, kualitas berkendara
Kekurangan Sunroof, kontrol sistem multimedia kurang ergonomis
Pendapat kami Honda Accord adalah perpaduan yang sempurna antara kesenangan berkendara dengan kenyamanan

Kalau berbicara tentang pasar sedan di segmen ini, tidak lengkap memang kalau tidak membawa serta Toyota Camry. Namun jujur saja, baik itu Toyota Camry, Honda Accord, ataupun Nissan Teana, semuanya memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda satu sama lain.

Secara global, segmen ini adalah segmen yang cukup laris dan membuat masing-masing manufaktur harus berlomba untuk menghadirkan produk yang kompetitif. Mazda telah membuktikannya dengan menghadirkan rasa berkendara yang lain dari yang lainnya pada Mazda 6.
 
Kesimpulannya, kalau ditanya siapa yang menang dalam komparasi kali ini, Nissan Teana jelas adalah pemenangnya. Nissan telah melakukan usaha yang sangat keras untuk menandingi Camry dengan mendatangkan Nissan Teana rasa Eropa. Nissan Teana bisa diibaratkan sebagai alter ego versi sederhana dari sedan premium Inifiniti.

Kualitas kenyamanan dan kemampuannya telah membuktikan bahwa mobil ini bukanlah mobil yang biasa-biasa saja. Sudah nyaman, fiturnya pun cukup lengkap. Sayang, absennya navigasi dan audio control dari kursi belakang sedikit mengurangi nilainya. Tetapi yang paling menggiurkan adalah harga Teana termasuk yang paling murah jika dibandingkan dengan Toyota Camry 2.5 V atau kompetitor lainnya.

Tetapi kalau Anda seseorang yang senang mengemudikan sendiri kendaraan Anda, Honda Accord adalah jawabannya. Tetapi jangan samakan Accord dengan Mazda 6. Keseimbangan yang tepat dalam faktor kesenangan mengemudi, dan kenyamanan adalah kelebihan Accord yang tidak dimiliki oleh Mazda 6. Kualitas karakter berkendaranya yang khas ini telah dimilikinya sejak lama dan tidak jauh bebeda dengan rasa berkendara generasi-generasi terdahulunya. Meskipun begitu, Accord tetap dapat dinikmati dari kursi belakangnya. Karena selain memiliki ruang kabin yang luas, juga telah tersemat audio control untuk penumpang belakangnya. Kompensasinya, harga Accord menjadi sedikit lebih mahal dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Padahal Accord hanya mengandalkan mesin 2,4 liter, tak seperti para rivalnya yang memakai mesin 2,5 liter.

Komparasi Nissan Teana dan Honda Accord
Interior Nissan Teana
Komparasi Nissan Teana dan Honda Accord
Interior Honda Accord

Demikian informasi tentang komparasi antara Nissan Teana dan Honda Accord ini, dan jika Anda ingin mengetahui informasi mengenai promo, harga, diskon, kredit dan cicilan Nissan Teana di promo akhir tahun Anda bisa hubungi kami di nomor kontak dibawah ini.

Untuk informasi lebih lengkap hubungi:

Arie
Sales Nissan-Datsun
GSM: 0812 112 3488
0812 112 3488 (WhatsApp)
BBM 59489CF0



EmoticonEmoticon